Kebutuhan Nutrisi Untuk Ibu Hamil

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Seseorang yang sedang mengandung memang harus mendapatkan asupan gizi dan makanan yang lebih ketimbang orang-orang biasa (orang yang tak hamil). Kebutuhan gizi ini selain berguna untuk si ibu untuk menjaga kesehatannya, juga bermanfaat untuk calon anak yang sedang ia kandung. 
Nah bagi anda seorang suami atau ibu yang sedang membaca artikel ini, berikut adalah sumber nutrisi yang paling baik dan harus terpenuhi saat anda atau istri anda mengandung, Berikut ini daftar kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil:
  • Kebutuhan Kalori
    kebutuhan kalori untuk ibu yang sedang mengandung akan naik pesat dari kebutuhan kalori biasanya. Kenaikan kebutuhan kalori ini dimulai dari 300-400kkal dalam perharinya. Nah untuk itu si ibu harus menambah kebutuhan kalori agar nantinya si anak yang sedang ia kandung dapat sehat dan tumbuh secara baik. Adapun makanan yang baik untuk menaikan kalori saat hamil adalah 55% didapat dari jenis makanan umbi-umbian, sayur dan buah sebanyak 10% dan yang terakhir adalah sumber lemak hewani dan nabati sebanyak 35%.
  • Asam folat
    Manfaat asam folat untuk si Janin adalah untuk membantu mempercepat tumbuhnya syaraf. Nah jika si ibu hamil kekurangan asupan asam folat saat mengandung (hamil), ditakutkan perkembangan calon bayi dapat terganggu. Sehingga si janin akan terlahir tidak sempurna nantinya. Untuk itu bagi anda ibu hamil kebutuhan nutisi ini sangat dianjurkan untuk dicukupi, anda dapat memperoleh kandungan asam folat dari sayuran hijau seperti daun katu, beras merah dan buah-buahan segar.
  • Sumber Protein
    Salah satu manfaat protein untuk ibu hamil adalah untuk membantu membangun sel-sel dalam tubuh dan pembentukan darah.Nah jika kebutuhan protein seseorang yang tidak mengandung hanya 50gram perhari, maka untuk si ibu akan naik 10gram menjadi 60gram protein untuk setiap harinya. Untuk menambah kebutuhan itu anda dapat memperolehnya dari makanan seperti putih telur, daging, tempe. Tahu dan kacang-kacangan.
  • Cukupi Asupan Zat Besi.
    Manfaat dari zat besi adalah untuk membantu proses pembentukan darah. Terutama pembentukan sel darah merah atau yang sering disebut hemoglobin. Tak hanya itu saja zat besi ternyata juga bermanfaat untuk ibu hamuil supaya tidak kekurangan darah (anemia) saat hamil. Anda dapat menambahkan asupan nutrisi zat besi melalui makanan seperti daging ikan dan hati.
  • Kecukupan Kalsium
    Zat yang berperan penting dalam pertumbuhan gigi dan tulang adalah kalsium. Jika kebutuhan kalsium saat hamil tidak terpenuhi, yang ditakutkan dari seorang ibu adalah akan terserang penyakit osteoporosis. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan asupan kebutuhan kalsium si ibu diserap oleh si janin. Untuk menambah kebutuhan kalsium anda dapat mengkonsumsi makanan bergizi seperti susu, dan makanan yang mengandung vitamin A, B2,B3 C serta vitamin D.
itulah sedikit artikel tentang kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil, usahakan ke 5 nutrisi diatas dapat terpenuhi supaya anak anda dapat lahir selamata, dan tampa kekurangan apapun, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, bagi anda yang sedang mencari artikel tentang makanan yang baik untuk wanita hamil, anda dapat membaca artikel kesehatan kami 5 makanan sehat untuk ibu hamil

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar